Analisis Kebutuhan Lulusan Jurusan Ilmu Agama Islam
(Studi Kinerja Mahasiswa PKL di Beberapa Lembaga / Perusahaan)
Keywords:
Analisis Kebutuhan, Lulusan, Jurusan IAI FIS UNJAbstract
Peningkatan daya saing dan mutu perguruan tinggi perlu dilakukan secara berkesinambungan. Hal tersebut dilakukan dengan menselaraskan kompetensi lulusan dengan kebutuhan stakeholder. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan kompetensi yang dibutuhkan oleh stakeholder atas lulusan Jurusan Ilmu Agama Islam di Universitas Negeri Jakarta. Hal ini dilakukan dengan studi kinerja mahasiswa yang sedang melakukan praktik kerja lapangan di beberapa lembaga / perusahaan. Penelitian ini berguna untuk sinkronisasi kompetensi yang harus dimiliki oleh mahasiswa dengan kurikulum yang berlaku di Jurusan Ilmu Agama Islam. Penelitian ini menjadi refleksi dan bahan pendukung perencanaan pengembangan kurikulum berbasis KKNI untuk Jurusan Ilmu Agama Islam Metode penelitian ini kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Data diperoleh dari kuesioner yang terdiri dari pertanyaan tertutup dan terbuka. Temuan disusun dengan sajian data untuk dianalisis dan ditarik kesimpulan, serta masukan dan saran yang bisa diajukan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY