PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMOGRAMAN MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER KELAS X JURUSAN MEKATRONIKA SMKN 56 JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21009/jvote.v2i1.13571Keywords:
Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar Teknik Pemograman Mikroprosessor dan Mikrokontroler.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran teknik pemograman mikroprosesor dan mikrokontroler kelas X jurusan mekatronika SMKN 56 Jakarta. Penelitian menggunakan metode penelitian Eksperimen dengan menggunakan metode Preexperimental Design dengan design penelitian “One Group Pretest-Posttest Design”. Populasi penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X Jurusan Mekatronika. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, dimana yang menjadi sampelnya adalah seluruh peserta didik kelas X Jurusan Mekatronika sebagai kelas eksperimen yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 30 butir soal. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t dan diperoleh hasil pengujian ℎ > yaitu 29,03 > 2,03452 berarti H1 diterima atau adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar peserta didik kelas X Mekatronika pada mata pelajaran Teknik Pemograman Mikroprosessor dan Mikrokontroler.