PENGARUH TEAM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PEMROGRAMAN WEB SISWA KELAS X SMK MALAKA JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21009/jvote.v1i2.17334Keywords:
Method Learning, Influence, Team Teaching, learning outcomes, SMK Malaka JakartaAbstract
Abstrak - Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan team teaching pada materi pokok format teks halaman web terhadap hasil belajar siswa kelas X TKJ 1 SMK Malaka Jakarta.Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pra eksperimental dengan model one-group pre-test post-test design. Sampel penelitian diambil secara acak sebanyak 30 siswa. Perlakuan yang diberikan pada siswa yaitu siswa diajar menggunakan metode pembelajaran team teaching (tim pengajar). Sebelum diberi perlakuan, siswa diberikan pre-test untuk mengetahui kemampuan awal siswa, kemudian setelah diberi perlakuan siswa diberikan post-test untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar siswa. Instrumen pengumpulan data berupa tes, pada tes ini soal-soal diberikan dalam bentuk pilihan ganda.Instrumen pengumpulan data berupa tes, pada tes ini soal-soal diberikan dalam bentuk pilihan ganda. Dari hasil analisa data pada uji hipotesis didapat harga yaitu 25,15 dan untuk satu pihak yaitu 2,462, bila dibandingkan antara dan maka > atau 25,15 > 2,462.Kesimpulan yang dapat diambil adalah terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran team teaching, khususnya untuk materi pokok format teks halaman web.
Kata Kunci : Metode, Pembelajaran, Pengaruh, Team Teaching, hasil belajar, SMK Malaka Jakarta.
Abstract - The purpose of this research is to know the influence of the implementation of team teaching on the subject matter of the text format of the web page to the learning result of the students of class X TKJ 1 SMK Malaka Jakarta. The research is an experimental pre experiment with one-group pre-test post-test design. The sample was taken randomly as many as 30 students. The treatment given to students is that students are taught using Teaching Teaching Method (Teaching Teams). Before being treated, students are given a pre-test to determine the students' initial ability, then after being given the students treatment is given a post-test to find out how far the improvement of student learning outcomes. Instrument data collection in the form of test, in this test the questions are given in the form of multiple choice. From the results of data analysis on the hypothesis test obtained price of is 25,15 and for one party is 2.462, when compared between and , then > or 25,15> 2,462.
The conclusion that can be taken is there is an influence on the learning outcomes of students who are taught using teaching team teaching methods, especially for the subject matter of text format web pages.
Keywords: Method, Learning, Influence, Team Teaching, learning outcomes, SMK Malaka Jakarta.