PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN ROBOT NAO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ROBOT HUMANOID PADA PEMBELAJARAN ROBOTIKA DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21009/jvote.v3i1.18161Keywords:
Robot Humanoid, Modul Pembelajaran, Robot NaoAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat pengembangan modul pembelajaran robot humanoid menggunakan robot Nao pada pembelajaran Robotika di Universitas Negeri Jakarta. Dalam penelitian ini membuat modul pembelajaran robot humanoid dengan menggunakan robot Nao . Dengan adanya modul pembelajaran robot ini, robot Nao dapat difungsikan untuk mengeluarkan suara, berjalan, menggunakan sensor sentuhan yang ada di kepala dan kaki, menari, mendeteksi wajah dan mendeteksi benda. Metode yang digunakan pada pada penelitian ini adalah Research and Development. Tahap pengembangan meliputi 1). Studi identifikasi dan masalah, 2). Desain 1 buah modul, 3). Validasi, 4). Revisi dan 5). Evaluasi. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi 1). Pengujian unjuk kerja, 2). Angket penelitian. Validasi media pembelajaran melibatkan ahli materi dan ahli media pembelajaran. Ujicoba pemakaian dilakukan oleh 15 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan persentase kelayakan modul diperoleh sebesar 88,33% dari ahli materi, 89,20% dari ahli media, dan 85,13% dari hasil ujicoba terhadap mahasiswa. Dari ketiga data perolehan tersebut, modul pembelajaran ini masuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan pada mata kuliah robotika di program studi Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Jakarta.