Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Autoplay Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Teknik Audio Video di SMK Perguruan Cikini
DOI:
https://doi.org/10.21009/jvote.v4i2.39457Keywords:
Media pembelajaran, Autoplay Media Studio, Gambar TeknikAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis autoplay pada pelajaran gambar Teknik di SMK Perguruan Cikini serta mengetahui kelayakanya. Metode pengembangan media pembelajaran berbasis Autoplay Media Studio ini menggunakan Metode R&D (Research & Development) dengan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Dalam mengembangkan media pembelajaran ini telah melalui beberapa pengujian yaitu pengujian materi oleh 2 ahli materi, pengujian media oleh 2 ahli media, dan uji responden oleh 14 responden. Berdasarkan hasil uji kelayakan media pembelajaran berbasis autoplay oleh ahli materi dikategorikan Layak dengan nilai persentase 74%, ahli media sebesar 87% dengan kategori sangat layak dan hasil uji coba responden dikategorikan Layak dengan nilai persentase 75%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa Media Pembelajaran Berbasis Autoplay pada Mata Pelajaran Gambar Teknik kelas X Teknik audio Video di SMK Perguruan Cikini dikategorikan layak untuk digunakan secara berkelanjutan untuk mempersiapkan peserta didik memahami mata pelajaran