ANALISIS NILAI TRANSAKSI PAMERAN THE 21ST JAKARTA INTERNATIONAL HANDICRAFT TRADE FAIR (INACRAFT) 2019
Keywords:
INACRAFT, pameran, kerajinan tanganAbstract
INACRAFT merupakan event pameran yang menampilkan kerajinan yang dijual oleh UKM dan UMKM dari seluruh Indonesia dengan segmentasi pengunjung baik dari seluruh Indonesia maupun mancanegara. Dalam hal ini INACRAFT pun memiliki peran dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam negeri. Namun, untuk meningkatkan hal tersebut tidaklah mudah, para peserta INACRAFT harus terus berinovasi baik dalam produk, pengemasan, penamaan merek jual (brand), hingga teknik pemasaran. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa pameran INACRAFT ini berhasil sebagai alat promosi yang baik dan menjadi sarana ataupun wadah bagi para UKM tersebut menuju pasar global. Target pasar UKM atau para peserta pameran ini mengikuti INACRAFT salah satunya untuk meningkatkian nilai transaksi mereka yaitu dalam penjualan retail dan melakukan kontran dagang kepada buyers.
Analisis nilai transaksi selama pelaksanaan pameran INACRAFT 2019 ini berlangsung perlu dilakukan untuk mengukur keberhasilan penyelenggaraan event. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang cukup signifikan dalam nilai transaksi. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jumlah pengunjung meningkat sebanyak 2,78%, transaksi penjualan retail meningkat sebanyak 3,86%, dan nilai kontrak dagang meningkat sebanyak 7,23% pada tahun 2019.