Analisis Perkembangan Batik Trusmi Sebagai Ikon Kearifan Lokal Cirebon
Keywords:
BT Batik Trusmi, Kearifan Lokal, Ekonomi KreatifAbstract
Seni kerajinan batik Cirebon merupakan warisan budaya bangsa Indonesia. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu bagaimana kearifan lokal dari produk batik trusmi dapat bertahan dan bersaing ditengah arus global. Fokus penelitian ini adalah mengobservasi industri batik pada perusahaan BT Batik Trusmi Cirebon, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi BT Trusmi dalam mempertahankan usahanya dan tetap menjaga nilai kearifan local dari Batik Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif serta menghasilkan data yang bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perkembangan industri kerajinan batik di kawasan sentra Batik Trusmi Cirebon yang kini mengalami perkembangan sangat signifikan, diimbangi dengan terjaganya kearifan lokal batik Cirebon. Dinamika perkembangan Batik Trusmi dipengaruhi oleh inovasi produk, strategi harga, tempat dan promosi. Pada masa kini, produk Batik Trusmi tidak hanya sekedar benda yang merefleksikan nilai-nilai budaya, akan tetapi juga memiliki nilai ekonomi dan berdampak pada kehidupan sosial budaya masyarakatnya.