Peran Sales Promotion Pada Keputusan Pembelian di Kuntum Farm Field Bogor
Keywords:
Promosi Penjualan, Keputusan PembelianAbstract
Salah satu industri yang sedang mengalami perkembangan pesat saat ini adalah pariwisata, terutama dalam rangka meningkatkan perekonomian daerah yang secara multiplier effect berdampak pada beberapa sektor selain pariwisata. Salah satu wisata yang digemari pada saat pandemik ini adalah wisata agrowisata untuk edukasi. Kuntum Farm Field Bogor satu diantara agrowisata yang ada di Kota Bogor. Wisata ini menyediakan berbagai tempat untuk melakukan pertanian dan peternakan menjadikan Kuntum Farm Field Bogor salah satu tujuan wisatawan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran sales promotion pada keputusan pembelian di Kuntum Farm Field. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat analisis regresi sederhana. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel sebanyak 100 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran sales promotion pada keputusan pembelian di Kuntum Farm Field adalah berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 56,7% yang artinya peran variabel Sales Promotion pada variabel Keputusan Pembelian sebesar 56,7% sedangkan sisanya 43,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Pihak kuntum Farm Field perlu melakukan meningkatkan produktivitasnya dalam membuat sebuah konten yang berisi informasi mengenai promosi yang menarik dan mudah dipahami oleh calon wisatawan di media sosial terutama Instagram, karena hal ini terbukti memiliki peran besar dalam pengambilan keputusan pembelian pada wisatawan Kuntum Farm Field.