INTERNET MENEMBUS BATAS DIMENSI ANTAR NEGARA MELALUI LAMAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI PARIWISATA MUSEUM WAYANG JAKARTA
Keywords:
media promosi, laman, museum wayang jakarta, pariwisataAbstract
Tulisan berjudul “Internet Menembus Batas Dimensi Antar Negara Melalui Laman Sebagai Media Promosi Pariwisata Museum Wayang Jakarta Berbahasa Mandarin” merupakan hasil kerja praktek mahasiswa di Museum Wayang Jakarta. Tujuan penulisan ini adalah mempromosikan salah satu destinasi wisata di wilayah terkenal tepatnya di Kota Tua, Jakarta Barat yaitu Museum Wayang Jakarta. Penulis menggunakan 4 metode pengumpulan data yaitu : metode wawancara, metode observasi partisipatif, metode studi kepustakaan dan metode jelajah internet. Dalam proses pembuatan laman berbahasa Mandarin ini, penulis menggunakan 1 metode penerjemahan yaitu : metode penerjemahan komunikatif. Metode komunikatif dapat menghasilkan terjemahan yang lebih mudah dipahami oleh pembaca bahasa sasaran. Penulis juga menggunakan 4 teknik penerjemahan yaitu: teknik amplifikasi, teknik deskripsi, teknik reduksi dan teknik padanan lazim. Diharapkan laman berbahasa Mandarin ini memudahkan wisatawan berbahasa Mandarin salah satunya wisatawan China untuk mendapatkan informasi, Serta bagi calon wisatawan China tertarik hati untuk menyinggahi Museum Wayang Jakarta untuk menikmati secara langsung koleksi-koleksi wayang Indonesia yang telah mendapatkan penghargaan Karya Agung Budaya dunia yang memiliki keistimewaan yang luarbiasa. Dengan adanya informasi laman Museum berbahasa Mandarin akan dapat menarik perhatian calon wisatawan berbahasa Mandarin.