VIRTUAL TOUR SEBAGAI STRATEGI PROMOSI PEMASARAN MUSEUM SUMPAH PEMUDA

Authors

  • Shevastian Jardel UNJ

Keywords:

Virtual Tour, Strategi Pemasaran, Museum Sumpah Pemuda, Pandemi Covid-19

Abstract

Pandemi Covid-19 menjadi pukulan yang cukup keras bagi industri pariwisata. Strategi
yang digunakan agar kegiatan wisata dapat tetap berjalan ditengah kondisi seperti ini
adalah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dalam bentuk virtual tour. Museum
Sumpah Pemuda merupakan salah satu daya tarik wisata yang memanfaatkan virtual
tour sebagai pengganti kunjungan langsung sekaligus strategi pemasaran. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran Museum Sumpah Pemuda
melalui virtual tour. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah studi pustaka.
Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode analisa
kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan
virtual tour di Museum Sumpah Pemuda saat ini serta bagaimana ide/gagasan
pengembangan strategi pemasaran Museum Sumpah Pemuda melalui virtual tour.

Published

2022-06-23