Hubungan Antara Pengetahuan Tentang Pengelolaan Sampah dan Perilaku Bertanggung Jawab Siswa di SMAN 34 Jakarta

Authors

  • suhardjo Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/parameter.311.05

Keywords:

Pengetahuan, Pengelolaan Sampah, Perilaku, Bertanggung jawab siswa

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat hubungan antara pemahaman tentang pengolahan sampah dengan perilaku bertanggung jawab siswa di sekolah menengah atas 34 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret – Juli 2017. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survey lapangan. Populasi  dalam  penelitian ini adalah seluruh siswa yang bersekolah di SMA Negeri 34. Jumlah total populasi adalah 25 anggota yang terdaftar sebagai anggota KIR di SMAN 34 Jakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Sampel dalam penelitian ini saya memilih untuk menggunakan siswa yang aktif mengikuti organisasi Karya Ilmiah Remaja (KIR). Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner tertutup. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi.

Pengujian instrumen penelitian berupa uji validitas dan uji reliabilitas dengan menggunakan SPSS versi 16.0. Pengujian validitas dengan analisis correlation item > r tabel. Pengukuran validitas variable pengetahuan berdasarkan nilai pearson correlation > r tabel dari 25 item soal memiliki skor pearson correlation antara -0,089 – 0,915 dan r tabel 0,3809 sehingga terdapat 3 item soal tidak valid dan dihapus, sehingga dalam penelitian ini terdapat 22 item soal. Pengujian validitas dengan analisis correlation item > r tabel. Pengukuran validitas variable perilaku berdasarkan nilai pearson correlation > r tabel dari 25 item soal memiliki skor pearson correlation antara 0,215 – 0,896 dann r tabel 0,3809 sehingga terdapat 3 item soal tidak valid dan dihapus, sehingga dalam penelitian ini terdapat 22 item soal. Pengukuran reliabilitas berdasarkan nilai Cronbach’s Alpha. Nilai reliabilitas pengetahuan sebesar 0,795 dan perilaku 874, artinya nilai tersebut dikategorikan reliabel.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hubungan antara pengetahuan pengelolaan sampah dan perilaku bertanggung jawab hasilnya tidak signifikan. Hal ini dilihat dari hasil uji korelasi diketahui hailnya adalah 0,928 yang merupakan lebih kecil dari 0,050. Bisa disimpulkan bahwa hubungan pengetahuan pengelolaan sampah dan perilaku bertanggung jawab memiliki hubungan sangat rendah.

 

Kata Kunci :   Pengetahuan, Pengelolaan Sampah, Perilaku, Bertanggung jawab siswa

 

Downloads

Published

2019-06-28

Issue

Section

Articles