Konstruksi Karakter Jujur melalui Integrasi Pendidikan Nilai dalam Kegiatan Relasi Stakeholder di SMA PGII I Bandung
DOI:
https://doi.org/10.21009/parameter.321.01Keywords:
Pendidikan Umum, Pendidikan Nilai dan KarakterAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semangat penguatan Pendidikan Karakter di lingkungan Sekolah Menengah Umum dan Madrasah Aliyah secara khusus dan lingkungan Pendidikan Formal secara umum. Degradasi moral menjadi problem utama bagi generasi muda di Indonesia terlebih lagi prilaku para pejabat public yang masih memperlihatkan trend negative prilaku korupsi yang mencerminkan sifat yang tidak amanah. Ketidakamanahan mencerminkan lemahnya pemaknaan logika relijius individu. Penelitian ini akan membongkar tahapan konstruksi karakter jujur melalui pembelajaran bahasa asing dan urgensitas peran orang tua dalam mewujudkan hal tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan metode deskriptif-analitik. Data diperoleh melalui tahapan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil triangulasi data signifikasi relasi emosional sangat berpengaruh terhadap konstruksi karakter jujur yang dikaji melalui paradigma psikoanalisis freud.