Hubungan Kecerdasan Sosial dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.21009/parameter.321.03Keywords:
Social Intelligence, student interactions, the results of the studyAbstract
Abstrak. Kurikulum 2013 menekankan pada proses pembelajaran yang berpusat pada siswa yang lebih menekankan pada keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini juga didukung oleh kecerdasan sosial yang dimiliki oleh siswa itu sendiri. Di mana kecerdasan sosial akan menentukan seseorang dalam besikap, terutama berinteraksi dengan orang lain, dan dapat berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, serta bertindak secara cerdas dalam kehidupan sehari-hari. Kecerdasan sosial dapat dilihat dari siswa berinteraksi dengan orang lain dan siswa dapat membawa dirinya dengan baik dalam kehidupan bermasyarakat. Kemampuan siswa dalam berinteraksi dengan teman-temannya akan menjadi suatu motivasi dalam belajar. Oleh sebab itu siswa yang memiliki kecerdasan sosial yang tinggi, maka siswa akan memperoleh hasil belajar yangm aksimal. Tujuan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kecerdasan social dengan hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode survey bertempat di SDN 18 Duren Sawit Jakarta Timur. Penelitian dilaksanakan selama dua bulan, yaitu mulai bulan September sampai dengan bulan Oktober pada tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini berhasil menguji hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan antara kecerdasan sosial dan hasil belajar sangat signifikan baik pada taraf signifikansi α = 0,05 maupun α = 0,01, dengan koefisien korelasi sebesar 0,969. Oleh karena koefisien korelasi yang dihasilkan bernilai positif, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan positif antara kecerdasan social dan hasil belajar siswa. Artinya, semakin tinggi kecerdasan sosial seorang anak maka akan semakin tinggi pula hasil belajarnya, dan sebaliknya semakin rendah kecerdasan sosial seorang anak, maka akan semakin rendah pula hasil belajaranya. Keberhasilan belajar inilah wujud dari kecerdasan social yang dimiliki oleh siswa tersebut. Oleh karena itu diharapkan setiap siswa dapat meningkatkan kecerdasan sosialnya.
Kata kunci: Kecerdasan sosial, interaksi siswa, hasil belajar
Abstract . Curriculum 2013 places emphasis on the learning process based on students who put more emphasis on active students in the learning process. It is also supported by the social intelligence which is owned by the students themselves. Where social intelligence will determine someone in attitude, especially interacting with others, and are able to participate actively and responsibly, as well as acting intelligently in a everyday life. Social intelligence can be seen of the students interact with other people and students can carry himself well in the life of society. Students ability in interacting with his peers will be a motivation in learning. Therefore, students who have high social intelligence, then the student will obtain the results of the study are maximum. The goal of this research is to find out whether or not there is a relationship between social intelligence by learning outcomes grade IV elementary school. This research used a survey method is housed in SDN 18 Duren Sawit in East Jakarta. The research was carried out over the past two months, that began in September and ended last October in the lesson 2016/2017. This research managed to test the hypothesis that States there is a connection between learning outcomes and social intelligence very significant at both the significance level α = 0.05 or α = 0.01, the correlation coefficient of 0.969. Based on the results correlation coefficient is positive, then it can be inferred, there is a positive relationship between the social intelligence and results of student learning. That is, the higher the social intelligence of a child it will be increasingly higher results of their learning, and instead the lower the social intelligence of a child, then it will be getting lower also the results of his studies. The success of learning this is a manifestation of social intelligence that is owned by the student. It is therefore expected that every student can improve his social intelligence.
Keywords : Social Intelligence, student interactions, the results of the study