KOMUNIKASI PEMASARAN MERUPAKAN LIVE BRIDGING PADA ERA PANDEMI 2020-2021

  • Kinkin Yuliaty Subarsa Putri Universitas Negeri Jakarta
  • Rayni Delya Hafni Universitas Negeri Jakarta
  • Risma Hasna Dwiwina Universitas Negeri Jakarta
  • Yesi Andriani Universitas Negeri Jakarta
  • Kiki Dwi Arviani Universitas Negeri Jakarta
Keywords: marketing communication, elaborative research, forecasting research, komunikasi pemasaran, penelitian elaboratif, penelitian perkiraan

Abstract

The Covid-19 pandemic in Indonesia disrupted people's livelihoods, both in terms of economic conditions and activities, so that the community's financial sector came to a halt. However, at the end of 2020, economic conditions flared up again. The formulation of the problem in this study is how marketing communication is live bridging in the 2020-2021 pandemic era. The purpose of this study is to determine marketing communication which is live bridging in the 2020-2021 pandemic era. In this study, researchers used quantitative research methods by distributing questionnaires with correlation analysis. This research's results are descriptive; namely, the correlation is positive in marketing communication and community attitudes. In simple regression analysis, there is a strong influence between marketing communication on people's attitudes. Marketing communication theory strongly influences all dimensions of public attitudes, both cognitively, affective, and conative—further research by being developed in collaboration with other scientific studies and using different methods.

 

Abstrak

Pandemi Covid-19 di Indonesia membuat kehidupan bermasyarakat menjadi terganggu, baik dari segi kondisi ekonomi dan aktivitasnya sehingga membuat sektor perekonomian masyarakat menjadi terhenti. Namun, pada akhir tahun 2020 kondisi perekonomian bergejolak kembali. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana komunikasi pemasaran merupakan live bridging pada era pandemic 2020-2021 sehingga tujuan penelitian ini untuk mengetahui komunikasi pemasaran yang  merupakan live bridging pada era pandemik 2020-2021. Dalam penelitian ini, digunakan metode penelitian kuantitatif, dengan cara menyebarkan kuesioner dengan analisis korelasi. Hasil dari penelitian ini secara deskriptif yaitu korelasinya bernilai positif pada komunikasi pemasaran dan sikap masyarakat, sedangkan pada analisis regresi sederhana terdapat suatu pengaruh yang kuat antara komunikasi pemasaran terhadap sikap masyarakat. Teori komunikasi pemasaran pada semua dimensinya berpengaruh kuat terhadap semua dimensi sikap masyarakat baik secara kognitif, afektif dan konatif sehingga hasil penelitian ini dapat dikembangkan ke arah penelitian selanjutnya dengan dikembangkan dengan berkolaborasi pada kajian ilmu pengetahuan dan menggunakan metode lainnya

Published
2021-06-30
Section
Articles