SURVEI PEMANFAATAN PETA DALAM PEMBELAJARAN IPS BAGI GURU-GURU SD DI KOTA DEPOK

  • Aris Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Suhardjo Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Keywords: peta, penggunaan dan pemanfaatan peta, pembelajaran IPS, use and utilization of maps, social studies learning

Abstract

The purpose of this study was to reveal and find out how much use maps as social studies learning media for elementary school teachers. The study was carried out in several elementary schools in the Depok City area in July – August 2021. The method used in this study was a descriptive method with a survey approach through sampling techniques using random sampling of elementary school teachers with a sample of 35 people. people. The results showed that from map-based social studies learning activities, starting from making maps, reading maps, analyzing maps and interpreting and utilizing maps, most of the teachers had carried out their duties. The results showed that: 1) learning by using map media, the teacher has created a learning environment and strategies that evoke student involvement physically, mentally and emotionally, 2) social studies learning in elementary schools using map media, student participation increases, 3 ) the effective use of map media can increase meaning in the social studies learning process in elementary schools.

 

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengungkap dan mengetahui seberapa besar pemanfaatan peta sebagai media pembelajaran IPS bagi Guru-guru SD. Penelitian dilaksanakan di beberapa Sekolah Dasar di wilayah  Kota Depok pada bulan Juli - Agustus 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan survei melalui teknik sampling adalah random sampling terhadap guru-guru Sekolah Dasar sejumlah sampel 35 orang.         Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kegiatan pembelajaran IPS berbasis peta dari membuat peta, membaca peta, menganalisis peta maupun menginterpretasi dan pemanfaatan peta dengan sebagian besar guru telah melaksanakan tugasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) pembelajaran dengan menggunakan media peta, guru telah menciptakan lingkungan belajar dan strategi yang membangkitkan keterlibatan siswa secara fisik, mental dan emosional, 2) pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar dengan menggunakan media peta, peran serta siswa menjadi lebih meningkat, 3) penggunaan media peta secara efektif dapat meningkatkan kebermaknaan dalam proses pembelajaran IPS di Sekolah Dasar.

Published
2021-06-30
Section
Articles