TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIK TENTANG KESEHATAN MENTAL SISWA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.21009/parameter.322.03Keywords:
kesehatan mental, sekolah dasar, systematic literature review, gangguan perilakuAbstract
Kesehatan mental di sekolah dasar merupakan hal penting untuk diketahui. Penelitian ini bertujuan 1) mengidentifikasi kesehatan mental di sekolah dasar; 2) mengidentifikasi faktor-faktor kesehatan mental di sekolah dasar; serta 3) menganalisis artikel publikasi (tujuan, metode dan hasil penelitian) dalam jurnal ilmiah periode tahun 2010-2022 yang relevan dengan kesehatan mental di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review dengan seluruh artikel yang ditemukan yang selanjutnya diseleksi sesuai kriteria inklusi, eksklusi dan quality assessment. Dihasilkan 36 artikel ilmiah yang dapat dianalisis sesuai dengan pertanyaan penelitian yang telah ditetapkan. Hasil penelitian berupa gambaran kesehatan mental di sekolah dasar yang selama ini masih belum banyak dibahas oleh penelitian terdahulu termasuk faktor-faktor yang berpengaruh didalamnya, metode atau teknik yang digunakan dan kecenderungan penelitian selama kurun waktu tahun 2010 – 2022. Penelitian ini berimplikasi pada ditemukannya penelitian berikutnya yang dapat dijadikan sebagai pijakan awal para peneliti berikutnya yang memiliki ketertarikan dalam tema penelitian tentang kesehatan mental di sekolah dasar.