PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI
DOI:
https://doi.org/10.21009/parameter.342.05Keywords:
Learning Media, Media Pembelajaran, Komik, Prestasi, MotivasiAbstract
In accordance with technological advances, teaching materials can be in the form of non-printed. That is, the potential of technology can be a powerful tool to transform learning. This information delivery tool is called learning media. This research was conducted with the aim of knowing how much influence comic learning media has on motivation and learning achievement. This research method uses survey research methods. The results of the study are intended to provide an overview of the distribution/distribution of the data. Students' learning motivation data was obtained based on the results of a questionnaire/questionnaire. The questionnaire consists of 40 items. To determine the validity of the study, the r table value was tested with the provisions df = (N-2) = 119 – 2 = 117 with a significance level of 0.1801. The results of the analysis showed 34 valid statement items and 6 invalid items. The results of the reliability test using the Croanbach alpha method were measured from SPSS 25.0, so the results of the study had a strong relationship with a value of 0.717. Linear regression analysis was used to test the effect of the independent variable and the dependent variable. If the value in the column sig = 0.00 is smaller than 0.05, it means that the variable X has an effect on the variable Y. If the value of t count Y1 = 3.962 > 1.980, it means that the significance of the motivational variable on the variable of which the motivation variable has a significant effect on motivation. While the regression coefficient value of achievement variable Y2 is t count of 5.758 with t table of 1.980, the significance of achievement variable means that achievement variable has an effect. It is known that the sign value is 0.000 <0.05 and the calculated f value is 37.094 > 3.07, so it can be concluded that the hypothesis is accepted, which means that the X1 variable on Y1 and Y2 can be influenced. The value of R Square is 0.390 or 39.0% which indicates that there is a simultaneous influence between the variables X1 on Y1 and Y2 of 39.0%. The results of the study can be concluded that most of the students of the Faculty of Communication Sciences, Ibnu Chaldun University have high motivation and achievement with a dominant validity value with a significance of 0.1801 and a correlation coefficient value of a strong level of interpretation.
Abstrak
Sesuai dengan kemajuan teknologi bahan ajar dapat berupa non cetak. artinya potensi teknologi dapat menjadi alat yang ampuh untuk menstraformasikan pembelajaran. Alat penyampaian informasi inilah yang disebut dengan media pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media pembelajaran komik terhadap motivasi dan prestasi. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian survei. Dalam hasil penelitian dimaksudkan untuk memberikan gambaran umum mengenai penyebaran/distribusi data. Data dari motivasi mahasiswa diperoleh berdasarkan hasil angket/kuesioner. Angket terdiri dari 40 butir. Untuk menentukan uji penelitian validitas besarnya nilai r tabel dengan ketentuan df= (N-2) = 119 – 2 = 117 dengan tingkat signifikansinya 0,1801. Hasil analisis menunjukan 34 item pernyataan valid dan 6 item tidak valid. Hasil uji reliabilitas dengan metode alpha croanbach diukur dari SPSS 25.0 maka dari itu hasil penelitian memiliki hubungan kuat dengan nilai 0,717. Analisis regresi linear digunakan untuk menguji pengaruh variabel bebas dan variabel terikat. Jika nilai pada kolom sig =0,00 lebih kecil dari 0,05 artinya variabel X berpengaruh terhadap variabel Y. Jika nilai t hitung Y1= 3,962 > 1,980, siginifikasi variabel motivasi terhadap variabel artinya variabel motivasi berpengaruh siginifikan terhadap motivasi. Sedangkan nilai koefisien regrasi variabel prestasi Y2 adalah t hitung sebesar 5,758 dengan t tabel 1,980, siginifikasi variabel prestasi yang artinya variabel prestasi berpengaruh. Diketahui nilai sign 0,000 < 0,05 dan nilai f hitung 37,094 > 3,07, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima berarti dapat pengaruh antara variabel X1 terhadap Y1 dan Y2. Nilai R Square 0,390 atau 39,0% yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang simultan antara variabel X1 terhadap Y1 dan Y2 sebesar 39,0% . Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswa di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Ibnu Chaldun memiliki motivasi dan prestasi yang tinggi dengan nilai validitas yang dominan dengan signifikansinya 0,1801 dan memiliki nilai interprestasi koefisien korelasi tingkat yang kuat.