PENERAPAN METODE PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI ) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA MATERI PEWARISAN SIFAT MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS IX DI UPT SMP NEGERI 22 GRESIK
DOI:
https://doi.org/10.21009/parameter.351.04Keywords:
Problem Based Instruction, learning achievements, Prestasi belajarAbstract
The purpose of this study was to improve the learning outcomes of fifth-grade students through the Problem Based Instruction (PBI). The research used was classroom action research (PTK) with a type of collaborative research and carried out in two cycles. Each cycle consists of 4 stages, namely planning, implementation, observation, and reflection and carried out in 3 meetings. The subjects in the study consisted of 17 students consisting of 15 male students and 11 female students. The data analysis technique used is the data analysis of the observation sheet used to determine the feasibility of the learning model and student learning outcomes in science learning. Based on the results of this study, the results of the implementation of the learning model increased in each cycle I by 75,05% in the sufficient category to be 84,86 % in the second cycle in the good category. While the percentage of completeness of student learning outcomes in the first cycle amounted to 85 % and in the second cycle the percentage of student learning completeness increased by 90 %. It can be concluded that by applying the model PBI for students at UPT SMP Negeri 22 Gresik
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan model Problem Based Instruction (PBI) pada mata pelajaran IPA di UPT SMP Negeri 22 Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jenis penelitian kolaborasi dan dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dan dilaksankan dalam 3 pertemuan. Subjek dalam penelitian terdiri dari 32 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data lembar observasi dan tes yang digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh hasil keterlaksanaan model pembelajaran mengalami peningkatan di setiap siklus I sebesar 75,05 % dalam kategori cukup menjadi 84,86% pada siklus II dalam kategori baik, sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 85 % dan pada siklus II persentase kentuntasan belajar siswa meningkat sebesar 90 %. Hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model PBI dapat meningkatkan hasil belajar IPA untuk siswa di UPT SMP Negeri 22 Gresik