Pengaruh Media Pembelajaran 3 Dimensi Diorama Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 3 Materi Perubahan Cuaca SDN Ranuklindungan II Kabupaten Pasuruan

  • Tria Puji Lestari Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Panca Marga, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia, 67271
  • Ribut Prastiwi Sriwijayanti Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Panca Marga, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia, 67271
  • Shofia Hattarina Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Panca Marga, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia, 67271
Keywords: Influence, Diorama, Learning Result

Abstract

This research is caused by the large number of teachers who still rely on oral communication learning methods between teachers and students who only focus on book material. The aim of this research is to determine the effect of 3-dimensional diorama learning media on the learning outcomes of grade 3 students. This research uses quantitative research methods. For this type of research, it is pre-experimental, with the design used being One Group Pretest-Posttest Design. The subjects used in this research were grade 3 students at SDN Ranuklindungan II, Pasuruan Regency. The instrument used in this research is the test. The results of the research carried out obtained the results of the hypothesis which was tested using the t statistical test (t test) in both groups, with the result t count 17.077 while the t table value with degrees of freedom (df) 29 at a significance level of 0.05 is 1.6991. In this context, t_count > t_table (17.077  1.6991) which means the alternative hypothesis (H) in this study is acceptable. This is proven by the average value of the posttest learning results (86.23) which is higher than the pretest results (53.30), so that the results of hypothesis testing with SPSS 25 for Windows have proven that there is a significant influence between 3-dimensional diorama learning media on Class 3 students learning outcomes on weather changes at SDN Ranuklindungan II, Pasuruan Regency.

 

Abstrak

Penelitian ini dipicu oleh banyaknya guru yang masih mengandalkan metode pembelajaran komunikasi lisan antara guru dengan anak didik yang hanya memusatkan perhatian pada materi buku saja. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh media pembelajaran 3 dimensi diorama terhadap hasil belajar siswa kelas 3. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Untuk jenis penelitiannya pre-eksperimen dengan desain yang digunakan adalah One Grup Pretest-Posttest Design.  Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas 3 SDN Ranuklindungan II Kabupaten Pasuruan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tesHasil penelitian yang dilakukan memperoleh hasil hipotesis yang diuji menggunakan uji statistik t (uji t) pada kedua kelompok, dengan hasil  17,077 sedangkan nilai  dengan derajat kebebasan (df) 29 pada tingkat signifikansi 0.05 adalah 1.6991. Dalam konteks ini,    (17.077 lebih dari 1.6991) yang berarti hipotesis alternatif  dalam penelitian ini dapat diterima. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil belajar posttest (86.23) yang lebih tinggi daripada hasil pretest (53.30), sehingga hasil pengujian hipotesis dengan SPSS 25 for windows telah membuktikan terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran 3 dimensi diorama terhadap hasil belajar siswa kelas 3 materi perubahan cuaca di SDN Ranuklindungan II Kabupaten Pasuruan.

Published
2024-05-22
Section
Articles