PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT BAHASA ARAB MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS KERJA SAMA (PBK)
DOI:
https://doi.org/10.21009/parameter.291.09Keywords:
kalimat bahasa arab, pembelajaran berbasis kerjasamaAbstract
This research aims to improved recitation achievement in writing Arabic language by language learning based on working together. This research conducted in 2 cycles, each cycles have for components are: Action, obsevation, and reflection. The results showed student achievement in sentence writing improved every cycles. In conclusion that application learning strategy with PBK can improved learning quality for Nahu 2 related to making simpel sentences and appropriate as the rules of Arab fusha. As suggested for PBK can be applicated not only in Nahu 2 learning but also in the other elements arabic language
Abstak
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan hasil belajar menulis kalimat dalam bahasa Arab melalui Pembelajaran Bahasa berbasis Kerja sama (PBK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus berisi empat komponen, yaitu: perencanaan; aksi/tindakan; observasi; dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa dalam menulis kalimat meningkat dari setiap sik-lusnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi mengajar dengan PBK dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Nahu 2 yang menyangkut materi penyusunan kalimat sederhana sesuai kaidah tatabahasa Arab fusha. Disarankan agar PBK dapat diterapkan bukan hanya dalam pembelajaran Nahu 2 tapi juga pada pembelajaran unsur-unsur bahasa Arab yang lain.