STUDI PENERAPAN HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PERDAMAIAN DI KOMUNITAS SEKOLAH PEREMPUAN PONDOK BAMBU, JAKARTA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.21009/parameter.302.02Keywords:
Penerapan, Hasil Pembelajaran, Pendidikan PerdamaianAbstract
Abstrak: Penelitian skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran dan informasi tentang penerapan pembelajaran pendidikan perdamaian yang dilakukan di komunitas Sekolah Perempuan Pondok Bambu, Jakarta Timur.Pembelajaran merupakan hal penting untuk membangun mental spiritual perempuan di Lapas Perempuan Pondok Bambu.Masalahnya adalah hasil pembelajaran di Pondok Bambu ini masih belum begitu jelas hususnya dalam membangun mental spiritual perempuan di Lapas Bambu ini. Diperlukan upaya untuk membangun pembelajaran yang lebih berkualitas yang mampu membangun wawasan,msikap mental dan keterampilan para warga binaan.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif (qualitative research) dengan desain penelitian paradigma sederhana. Penentuan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling ditentukan informan sebanyak 20 orang. Tekhnik pengumpulan data menggunakan instrument berupa pedoman wawancara dengan informan dan pihak ketiga untuk menambah data dan mengkonfirmasikan data serta observasi langsung. Temuan peneliti dilapangan menunjukkan kegiatan pembelajaran pendidikan perdamain di Sekolah Perempuan Pondok Bambu merupakan kegiatan yang dilakukan dalam menjawab kebutuhan akan rasa damai dalam kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat. Terdapat perubahan-perubahan positif yang menunjukkan nilai-nilai perdamaian yang terjadi pada komunitas Sekolah Perempuan Pondok Bambu.Pembelajaran yang diarahkan menumbuhkan tiga aspek utama pada komunitas ini yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap untuk mengembangkan budaya damai secara global. Pengetahun, sikap dan keterampilan komunitas mencerminkan kebudayaan dan nilai-nilai perdamaian yang ada pada pendidikan perdamaian.