EVALUASI PEMANFAATAN MOBILE MARKETING BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE BUYER BLACK BOX PADA PERUSAHAAN RETAIL DI JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21009/parameter.302.04Keywords:
mobile marketing, android, strategi pemasaran, bisnis retail, metode black boxAbstract
Abstract : This article illustrates preparation of your paper using MS-WORD. Papers should not be numbered. The manuscript should be written in English. The length of manuscript should not exceed 12 pages in this format using A4 single-sided papers. The title page should include the succinct title, the authors, and an abstract of around 200 words at the beginning of the manuscript. The affiliation, address and zip code, and telephone and fax numbers as well as e-mail address should be listed below each author's name. The paper begins with a title which uses 14pt Times New Roman. This is followed by the details for each author in 10pt Times New Roman. Section titles are bolded in 11pt Times New Roman. The remainder of the paper should be typed in 10pt Times New Roman. If you have any question on the format, please send a message to simetris@umk.ac.id
Abstrak : Meningkatnya penggunaan smartphone di dunia menyebabkan mobile marketing menjadi salah satu cara pemasaran yang sangat dipertimbangkan. Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pengguna mobile device yang cukup besar. Hal ini berakibat semakin sering nya akses terhadap konten mobile yang akhirnya potensi lebih luas untuk berinovasi dalam mobile marketing. Berdasarkan kondisi tersebut, kami sangat tertarik untuk mengadakan penelitian dengan tema mobile marketing dengan maksud dan tujuan jangka panjang kami adalah diharapkan dapat menambah wawasan keilmuan kami didalam bidang pemasaran secara digital atau biasa disebut dengan e-commerce. Sedangkan target khusus kami adalah membantu para pelaku bisnis agar dapat dengan mudah memahami dan menggunakan mobile marketing didalam strategi pemasaran mereka. Didalam penelitian ini kami akan menggunakan metode black box dengan alat bantu berupa kuisioner dan wawancara. Tujuan dari penggunaan kuisioner dan wawancara ini untuk mensurvei para pengguna smartphone dan juga para pelaku bisnis agar kami bisa mengetahui apakah mobile marketing yang telah digunakan dalam bisnis memberikan kontribusi pendapatan yang bedr bagi perusahaan. Kemudian kami memberikan batasan kesuksesan dari hasil kuisioner tersebut. Sehingga kami mendapatkan hasil evaluasi yang bisa digunakan sebagai bahan perbandingan dan pembelajaran bagi para pelaku bisnis khususnya dan bagi kami pada umumnya.