PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE UNTUK STANDAR KOMPETENSI LULUSAN SESUAI STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DENGAN MENGGUNAKAN FEDERAL ENTERPRISE ARCHITECTURE FRAMEWORK (FEAF) DI SMK KARYA GUNA

Authors

  • Dira Putri Nandini Universitas Negeri Jakarta
  • Bambang Prasetya Adhi Universitas Negeri Jakarta
  • Hamidillah Ajie Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/pinter.6.2.2

Keywords:

Enterprise Architecture, Federal Enterprise Architecture Framework (FEAF), Standar Nasional Pendidikan, Standar Kompetensi Lulusan

Abstract

Salah satu bidang yang merasakan dampak dari perkembangan teknologi adalah bidang pendidikan. SMK Karya Guna merupakan instansi pendidikan swasta, bernaung di bawah Yayasan Karya Guna. Perancangan dan pengembangan enterprise architecture (EA) dan teknologi informasi sudah selayaknya direncanakan dengan baik serta disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan organisasi. SMK Karya Guna terus berupaya untuk membina dan meningkatkan mutu pendidikan yang diselenggarakan sesuai dengan visi dan misi SMK Karya Guna yaitu menciptakan sumber daya manusia yang sesuai dengan tuntutan pasar kerja. Standar Nasional Pendidikan (SNP) merupakan kriteria minimal tentang berbagai aspek yang relevan dalam pelaksanaan sistem pendidikan nasional dan harus dipenuhi oleh satuan pendidikan diseluruh wilayah hukun Negara Kesatuan Republik Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah blueprint untuk pengembangan sistem informasi implementasi Standar Kompetensi Lulusan sesuai SNP untuk untuk data, aplikasi, bisnis, dan teknologi. Standar Kompetensi Lulusan pada SMK merupakan salah satu syarat dari SNP yang harus dicapai dalam peningkatan mutu pendidikan, untuk penerapan dalam pemenuhan standar tersebut maka dibuat perancangan enterprise architecture menggunakan metode federal enterprise architecture framework (FEAF) yang terdiri atas empat level. Pada level pertama dilakukan analisis kondisi sekolah secara global dengan bantuan teknik analisis SWOT dan PEST. Level kedua merupakan pengidentifikasian proses bisnis. Proses bisnis tersebut dikelompokkan tingkat kepentingannya menggunakan bantuan analisis value chain. Level ketiga berisi pemodelan arsitektur informasi berupa rencana arsitektur bisnis, data dan teknologi yang akan digunakan untuk menampung sistem informasi. Untuk level keempat merupakan pembuatan model arsitektur enterprise menggunakan matriks FEAF. Hasil dari penelitian ini berupa blueprint sebagai buku pedoman organisasi sekolah dalam mencapai tujuan strategisnya.

Downloads

Published

2022-12-01