ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH MENGGUNAKAN MICROSOFT TEAMS PADA MATA KULIAH JARINGAN KOMPUTER DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA DENGAN QAIT MODEL
DOI:
https://doi.org/10.21009/pinter.7.2.5Keywords:
Pembelajaran Jarak Jauh, Learning Management System, Microsoft Teams, Jaringan Komputer, QAIT ModelAbstract
Dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh selama pandemi Covid-19, terdapat berbagai kendala yang terjadi, tidak terkecuali di Universitas Negeri Jakarta. Hal tersebut diatasi salah satunya dengan penggunaan Learning Management System. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh menggunakan Microsoft Teams sebagai alternatif Learning Management System pada Mata Kuliah Jaringan Komputer di Universitas Negeri Jakarta dengan metode QAIT Model. Metode yang digunakan adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian mahasiswa aktif Universitas Negeri Jakarta yang sedang dan sudah mengambil Mata Kuliah Jaringan Komputer pada masa Pembelajaran Jarak Jauh. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran jarak jauh menggunakan Microsoft Teams pada Mata Kuliah Jaringan Komputer di Universitas Negeri Jakarta secara keseluruhan memiliki skor Derajat Pencapaian sebesar 82,01% dan berada pada kategori “Baik”.