Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Siswa Sekolah Dasar

  • NANA FAUZANA AZIMA STAI SOLOK NAN INDAH
Keywords: Karakter, Pendidikan Lingkungan, Sekolah Dasar, Character, Environmental Education, Elementary School.

Abstract

Pendidikan perduli lingkungan adalah salah satu pendidikan karakter yang dirumuskan berdasarkan UU Republik Indonesia Nomor 20 yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2003. Karakter ini diajarkan pada siswa terutama siswa sekolah dasar. Pengayaan karakter lingkungan dilakukan melalui pendidikan lingkungan yang diintegrasikan dalam kurikulum pendidikan dan dapat dilakukan saat jam pelajaran ataupun di luar jam pelajaraan dalam  proses belajar dan mengajar. Peningkatan karakter perduli lingkungan dibina melalui isu-isu lingkungan yang terjadi saat sekarang maupun pada masa yang akan datang, dikenalkan serta diajarkan kepada siswa tentang bagaimana mengatur lingkungan. Metode umum untuk pengembangan dan implemantasi pendidikan lingkungan telah dilakukan oleh pendidik dan peserta didik. Hasilnya, diperoleh informasi bahwa ada separuh siswa sekolah dasar  yang mampu mencapai pencapaian pembelajaran dalam pendidikan lingkungan.

 

Environmental care character is one of the character education formulations based on UU Republic of Indonesia No. 20 released by Ministry of Education and Culture in 2003. This character is educated for students, espescially for elementary school students. The enrichiment of environmental character is carried out through environmental education which is integrated in the educational curriculum and could be carried out during class or out of class in the learning and teaching process. The fostering environmental care character is based on environmental issues occur today and the future that to be introduced and taught to students about how to manage the environment. Several methods for developing and implementing environmental education have been complesed by teachers and students. As a result, by providing implementation standards and indicators, it is obtained the information, there are only the half of elementary school students are able to achieve educational attainment in environmental education.                      

Published
2022-03-31
How to Cite
NANA FAUZANA AZIMA. (2022). Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan, 22(02), 1 - 11. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/plpb/article/view/21618