Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Media Video Podcast Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi pada Siswa Kelas 7 SMPN 4 Jakarta

  • Angelina Aprilia Universitas Negeri Jakarta
  • Edi Puryanto Universitas Negeri Jakarta
  • Nurita Bayu Kusmayati Universitas Negeri Jakarta
Keywords: model pembelajaran berbasis proyek, media video podcast, kemampuan menulis, teks laporan hasil observasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dengan media video podcast terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas 7 SMPN 4 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan model penelitian pretest posttest control group design. Uji normalitas (uji Liliefors) dikatakan berdistribusi normal jika nilai P (Sig) > 0,05 maka pada kelas eksperimen diperoleh nilai 0,200 maka data berdistribusi normal dan pada kelas kontrol 0,200 maka data berdistribusi normal . Selanjutnya uji homogenitas (Fisher's test) data dikatakan homogen jika signifikansi > a, a = 0,05 maka hasil rata-rata (berdasarkan Mean) adalah 0,215, sehingga data homogen (sama). Selanjutnya uji t berpasangan menyatakan ada perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest jika nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 maka kelas eksperimen memperoleh nilai 0,02 maka ada perbedaan yang signifikan sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai 0,301 maka tidak ada perbedaan yang signifikan. signifikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis proyek dengan media video podcast berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas 7 SMPN 4 Jakarta.

 

Published
2022-11-28