Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Esai Argumentatif melalui Penilaian Rekan Sejawat Berlandaskan Tri Kaya Parisudha
Keywords:
esay argumentatif, menulis, Tri Kaya PrisudhaAbstract
Sejumlah studi menunjukkan bahwa menulis teks argumentatif merupakan salah satu genre teks yang penting dipelajari oleh mahasiswa. Hal tersebut tidak terlepas dari fakta bahwa genre teks ini adalah bentuk paling umum yang ditugaskan kepada mahasiswa. Meski demikian hingga saat ini masih banyak pihak yang memandang bahwa kemampuan mahasiswa dalam menulis teks argumentatif kurang baik. Dengan menggunakan penilaian rekan sejawat dan konsep kearifan lokal Bali, Tri Kaya Prisudha , kajian ini mengembangkan sebuah model pembelajaran menulis teks argumentatif . Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model Desain Based Research (DBR) untuk memformulasikan sintaks pembelajaran yang efektif. Melalui proses tersebut dihasilkan sintaks pembelajaran yang mensinergikan penilaian rekan sejawat dan nilai-nilai kearifan lokal dalam Tri Kaya Prisudha ; (1) Berpikir yang benar (manacika) (2) berkata yang benar (wacika) dan (3) berbuat yang benar (kayika) dan proses penulisan esay argumentatif yang tidak hanya dapat meningkatkan kualitas esay yang dihasilkan, namun juga membentuk karakter generasi muda Indonesia yang unggul