Pengaruh Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) dengan Media Podcast
Keywords:
Model Pembelajaran AIR, Media Podcast Kanal YouTube Ivandhana, Teks UlasanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) dengan media podcast kanal YouTube Ivandhana terhadap keterampilan menulis teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Jakarta. Teknik penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan menggunakan metode eksperimen dan desain penelitian model pretest-posttest control group desain. Pada kelas eksperimen, hasil uji normalitas sampel pretest diperoleh Lo = 0,1188 < Ltabel = 0,1618 dan hasil uji normalitas sampel posttest diperoleh Lo = 0,1546 < Ltabel = 0,1618 dengan taraf signifikasi α = 0,05, maka data dinyatakan berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas (Uji Fisher) kelompok pretest kelas eksperimen dan kontrol diperoleh Fhitung = 2,501 dan Ftabel = 4,195 dengan taraf signifikasi α = 0,05, maka data memiliki varians homogen. Hasil uji homogenitas kelompok posttest kelas eksperimen dan kontrol diperoleh Fhitung = 1,994 dan Ftabel = 4,195 dengan taraf signifikasi α = 0,05, maka data juga dapat dinyatakan homogen. Hasil analisis data dengan uji-t diperoleh thitung = 5,818 dan ttabel = 2,048 dengan taraf signifikasi α = 0,05. Dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) dan media podcast kanal YouTube Ivandhana dapat diimplikasikan pada kompetensi dasar 3.8 dan 4.8 untuk materi pembelajaran teks tanggapan.