Pengaruh Model Flipped Classroom dengan Media Video Kanal YouTube CNN Indonesia Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas VIII SMPN 4 Jakarta
Keywords:
model flipped classroom, media video kanal YouTube CNN Indonesia, teks eksplanasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Flipped Classroom dengan media video kanal YouTube CNN Indonesia terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMPN 4 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Uji prasyarat analisis data dilakukan dengan uji normalitas (lillefors), diperoleh Lo= 0115< Ltabel = 0.161 pada pretest kelas eksperimen, Lo=0.113< Ltabel= 0.161 dengan taraf signifikasi α=0.05 pada posttest kelas eksperimen. Pada pretest kelas kontrol diperoleh hasil Lo= 0.151< Ltabel = 0.161, sedangkan posttest kelas kontrol Lo= 0.158< Ltabel = 0.161, maka data dinyatakan berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas (Uji Fisher) diperoleh Fhitung = 1,612 dan Ftabel = sebesar 1.861, diperoleh bahwa Fhitung < Ftabel, maka data memiliki varians homogen dengan taraf signifikasi α=0.05. Hasil analisis data dengan uji-t diperoleh thitung= 3.344 > ttabel= 1.980 hasil interpolasi dengan taraf signifikasi α=0.05. Dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Pada hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan model Flipped Classroom dengan media video kanal YouTube CNN Indonesia berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMPN 4 Jakarta. Pada tahap penilaian terdapat sembilan aspek penilaian. Struktur penggambaran kejadian memiliki kenaikan yang tertinggi dari aspek lain. Berdasarkan hasil di atas, model Flipped Classroom dengan media video kanal YouTube CNN Indonesia dapat dijadikan sebagai media yang baik untuk pembelajaran teks eksplanasi. Selain itu, dapat diimplementasikan untuk materi pembelajaran teks eksposisi.