Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital untuk Melatih Ujian Menulis B1 Bagi Guru Bahasa Jerman di Bekasi

  • Fauzan Adhima
  • Ellychristina D. Hutubessy
Keywords: media digital, keterampilan menulis ujian B1, guru Bahasa Jerman

Abstract

September 2021, prodi pendidikan bahasa Jerman UNJ telah mengadakan pelatihan persiapan ujian B1 bagi guru bahasa Jerman di Bekasi. Dari pelatihan tersebut didapatkan kesimpulan bahwa para peserta pelatihan masih belum mendapatkan hasil yang memuaskan. Para peserta membutuhkan pelatihan yang lebih mendalam lagi agar siap mengikuti ujian B1 dan dan lulus dengan nilai yang maksimal. Salah satu faktor yang menyebebakan hal tersebut adalah belum digunakannya media digital yang membantu memudahkan pemahaman guru terhadap menulis. Peserta pelatihan menginginkan adanya suatu pelatihan yang mengintegrasikan penggunaan media digital karena  diyakini akan memudahkan para guru untuk melatih keterampilan menulisnya. Oleh karena itu program studi pendidikan bahasa Jerman akan mengadakan Pengabdian pada Masyarakat (PkM) untuk meningkatkan kompetensi guru bahasa Jerman dengan pemanfaat media digital.

P2M ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pendampingan kepada guru bahasa Jerman di Bekasi untuk melatih keterampilan menulis ujian B1 dengan pemanfaatan media digital. P2M dilaksanakan melalui metode pelatihan dan penggunaan media digital selama 2 hari dengan rincian tahapan kegiatan seperti berikut: sebelum acara pelatihan dilaksanakan, para guru peserta pelatihan terlebih dahulu mengerjakan soal latihan menulis bahasa Jerman tingkat B1. Kemudian instruktur (dalam hal ini adalah dosen bahasa Jerman UNJ) mengoreksi dan memberikan penilaian terhadap hasil tulisan peserta. Sesi berikutnya adalah pemaparan materi mengenai model tes ujian menulis bahasa Jerman tingkat B1 sampai pada tips dan trik menulis bahasa Jerman yang baik untuk keperluan lulus ujian tingkat B1. Pada tahapan ini diberikan juga sosialisasi dan pelatihan penggunaan media digital untuk menulis bahasa Jerman. Guru akan mengetahui media apa saja yang dapat melatih keterampilan menulisnya dan dapat menggunakannya dalam pembelajaran.  

Dengan adanya pelatihan ini didapatkan peningkatan kompetensi menulis bahasa Jerman yang dimiliki guru-guru sehingga siap mengikuti ujian B1.

 

 

Author Biographies

Fauzan Adhima

 

 

Ellychristina D. Hutubessy

 

 

Published
2022-11-28