Penggunaan Teknik Menceritakan Kembali Pada Mata Kuliah Menyimak Bahasa Mandarin
Keywords:
Teknik menceritakan kembali, keterampilan menyimak, bahasa MandarinAbstract
Keterampilan menyimak merupakan bagian dari penguasaan suatu bahasa dan berperan penting dalam perkembangan kemampuan berbahasa seseorang. Melalui menyimak, pemelajar akan memperoleh kosakata-kosakata dan kalimat yang dapat membantu pemelajar dalam keterampilan berbahasa lainnya. Untuk meningkatkan keterampilan menyimak dibutuhkan sebuah teknik pembelajaran yang dapat menunjang keberhasilan pemelajar dari tahap pemerolehan materi dari penutur, pemahaman materi, pemrosesan materi yang didapat, penguasaan materi hingga reviu materi dalam bentuk pelaksanaan evaluasi hingga hasil belajar. Penggunaan teknik menceritakan kembali ini dapat meningkatkan penguasaan pemelajar dalam menyimak dan juga dapat meningkatkan kemampuan pemelajar dalam mengungkapkan atau menceritakan kembali materi yang disimaknya tersebut. Selain itu penggunaan teknik menceritakan kembali dapat membantu pemelajar untuk dapat merangkai kembali kalimat dengan menggunakaan kosakata, tata bahasa, serta penambahan pengetahuan yang telah mereka pelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pandangan pemelajar mengenai penggunaan teknik menceritakan Kembali pada mata kuliah menyimak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan wawancara sebagai teknik pengumpulan datanya. Responden pada penelitian ini adalah pemelajar mata kuliah Menyimak dan Berbicara dasar II pada semester 116 di Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta (PSPBM FBS UNJ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik menceritakan kembali dapat membantu untuk meningkatkan pemahaman dan penguasaan kosakata pemelajar, menyusun kalimat dari yang mudah hingga tersulit, berani mempraktikkan penggunaan tata bahasa. Selain itu juga dapat membantu pemelajar dalam menyatukan beberapa ide dan gagasan pada saat pemelajar menangkap makna dari teks yang diberikan oleh pebelajar.