Media Industri Kreatif Sastra dalam Laman YouTube “Riri Cerita Anak Interaktif”

  • Chelsea Mineri Universitas Airlangga
Keywords: cerita rakyat, industri kreatif, media baru, YouTube

Abstract

Cerita rakyat menjadi salah satu bagian dalam sastra yang sangat lekat dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Sayangnya dengan kemajuan teknologi yang pesat dan besarnya globalisasi yang terjadi saat ini, membuat perhatian masyarakat terhadap sastra lokal khususnya cerita rakyat semakin pudar. Akan tetapi, perhatian masyarakat terhadap media sosial khususnya YouTube cukup tinggi. Nampak dengan banyaknya anak-anak yang asyik menonton YouTube di depan gadget yang dimiliki. Hal tersebut menunjukkan bahwa masyarakat memberikan perhatian lebih mereka terhadap media baru, yang membuat kesadaran dan perhatian akan cerita rakyat perlu ditingkatkan kembali. Dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat terhadap cerita rakyat, terdapat satu akun dalam kanal media sosial YouTube yang melakukan hal tersebut yakni “Riri Cerita Anak Kreatif”. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana bentuk media industri kreatif sastra yang ditampilkan dalam kanal YouTube “Riri Cerita Anak Kreatif”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang digunakan untuk memberikan deskripsi terhadap media baru atau new media sebagai sebuah media dalam industri kreatif sastra.  

 

Published
2022-11-29