METODE BASMAH BERBASIS WEB UNTUK MELATIH KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB
Abstract
Abstrak
Bahasa Arab menduduki posisi kelima bahasa yang paling banyak digunakan di dunia sebanyak 274 juta orang menggunakan bahasa Arab standar. Pembelajar bahasa Arab sebagai bahasa kedua mengalami kesulitan dalam keterampilan membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa negara yang mempelajari bahasa Arab termasuk Indonesia mengalami kesulitan dalam keterampilan membaca, salah satu kesulitan dalam membaca bahasa Arab adalah menentukan harakat akhir suatu kata. Metode merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa kedua. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan serta meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab melalui metode pembelajaran bahasa Arab berbasis web bernama “Basmah” pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pengisian kuesioner. Responden dalam penelitian ini berjumlah 33 mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab angkatan 2020. Peneliti membagikan kuesioner analisis kebutuhan untuk mengetahui keterampilan bahasa Arab mahasiswa dalam penelitian ini adalah keterampilan membaca bahasa Arab tanpa harakat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa memerlukan metode pembelajaran bahasa Arab yang inovatif bernama “Basmah”. Penelitian ini mempunyai manfaat untuk meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab tanpa harakat dan mempermudah mahasiswa dalam menambah khazanah keilmuan bahasa Arab.
Keywords: Kesulitan, Metode Pembelajaran, Bahasa Arab, Mahasiswa.