PENGARUH METODE EKSPERIMEN BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR INDUKTIF IPA PADA SISWA KELAS IV DI SDN TOBAT I KABUPATEN TANGERANG

  • Erdhita Oktrifianty Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Nabillah Ulfa Universitas Muhammadiyah Tangerang
Keywords: Metode Eksperimen Berbasis Lingkungan, Kemampuan Berpikir Induktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen
berbasis lingkungan terhadap kemampuan berpikir induktif siswa pada materi
energi panas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen.
Penelitian ini dilakukan di SD N Tobat I Kabupaten Tangerang. Populasi berjumlah
60 orang siswa kelas IV dan Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelompok,
yaitu kelompok eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan kelompok kontrol yang
berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah nonprobability sampling.
Kelompok eksperimen adalah kelompok yang diajarkan dengan menggunakan
metode eksperimen berbasis lingkungan, sedangkan kelompok kontrol adalah
kelompok yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional. Insrumen
yang digunakan berupa instrumen tes dengan bentuk uraian. Berdasarkan uji
hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh t_(hitung )=6,24 dan t_(tabel )=2,002.
Nilai t_(hitung ) lebih besar dari t_(tabel ), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan antara metode eksperimen berbasis lingkungan terhadap
kemampuan berpikir induktif IPA siswa kelas IV.

Published
2019-01-31