IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING BASED ON EXPERIMENT UNTUK MENINGKATKAN HIGHER-ORDER THINKING SKILLS

  • Yuliyanti Yuliyanti Universitas Negeri Jakarta
Keywords: higher-order thinking skills, model discovery learning based on experiment

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan higher-order thinking skills
melalui implementasi model discovery learning based on experiment. Subyek
penelitian adalah peserta didik kelas VI MI Al-Mubarok yang berjumlah 25 orang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan model Lewin yang terdiri
dari empat fase: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan
dilakukan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 pertemuan. Data
dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumen. Teknik analisis data dalam
penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian
menunjukkan peningkatan higher-order thinking skills secara signifikan. Tingkat
pencapaian pada pra-siklus adalah 50,27%, pada siklus I meningkat menjadi
74,55%, dan pada siklus II menjadi 80,61%. Penelitian ini mengungkapkan bahwa
model discovery learning merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat
meningkatkan higher-order thinking skills peserta didik.

Published
2019-01-31