PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA DI SEKOLAH DASAR

  • Getmi Purnama Setia Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Media Kartu Kata, Menulis Kalimat Sederhana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media kartu kata dalam meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Tanjakan 04. Subjek penelitian sebanyak 33 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Model penelitian yang digunakan model Kemmis and Tegart. Dalam mencapai tujuan tersebut digunakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap siklus ada dua pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan belajar siswa. Pada tahap prasiklus siswa memperoleh nilai rerata 60, Siklus I nilai rerata yang diperoleh 70 dan pada siklus II siswa memperoleh hasil tes diatas KKM sebesar 80. Dari hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan dari siklus I hingga Siklus II, persentase hasil belajar siswa dari 30% menjadi 100%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana siswa kelas II SDN Tanjakan 04.

Published
2019-01-31