PEMANFAATAN METODE SCAMPER UNTUK MENGEMBANGKAN DESAIN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

  • Siti Hawa Universitas Sriwijaya
  • Yosef Yosef Universitas Sriwijaya
  • Hasmalena Hasmalena Universitas Sriwijaya
  • Laihat Laihat Universitas Sriwijaya
Keywords: SCAMPER, desain pembelajaran, PGSD, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode SCAMPER terhadap kemampuan mahasiswa dalam membuat desain pembelajaran pada mata pelajaran matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di kelas rendah sekolah dasar. Partisipan yang terlibat dalam penelitian sebanyak 45 mahasiswa Program Studi PGSD Universitas Sriwijaya. Data mengenai kemampuan mahasiswa dalam membuat desain pembelajaran dikumpulkan dengan menggunakan IPPSD terdiri dari 20 item. Analisis data ditujukan pada melihat perbedaan antara rerata skor dua sampel berpasangan prates dan pascates dari desain pembelajaran yang dibuat mahasiswa. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara skor prates dan postes. Dari pengujian ini dapat disimpulkan metode SCAMPER berpengaruh positif terhadap kemampuan mahasiswa dalam mendesain pembelajaran.

Published
2019-01-31