PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH DIBANTU DENGAN MEDIA INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPS SISWA KELAS VA SEKOLAH DASAR NEGERI 001 SALO, RIAU

  • Khairul Zikri Universitas Negeri Jakarta
  • Murni Winarsih Universitas Negeri Jakarta
  • M Japar Universitas Negeri Jakarta
Keywords: strategi pembelajaran aktif tipe Index card match, media information and communication technology, pemahaman konsep IPS

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep IPS melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe index card match dibantu dengan media information and communication technology pada siswa kelas V SDN 001 Salo Provinsi Riau. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep IPS siswa kelas V pada materi IPS. Penelitian ini dilakukan di kelas VA SDN 001 Salo pada bulan mei 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (clasroom action research) dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dan satu kali evaluasi siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah sebanyak 23 siswa. Penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep IPS siswa yang masih sangat rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe ICM dengan bantuan media ICT menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep IPS
siswa kelas V secara keselurahan. Hasil evaluasi pretes menunjukkan hasil pemahaman konsep IPS siswa sebesar 39%. Pada siklus I pemahaman konsep IPS siswa sebesar 65% dan siklus II mencapai 83%. Pada siklus II telah memenuhi kreteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu mencapai ≥ 75% dari jumlah keseluruhan siswa. Penelitian ini dapat dikatankan berhasil karena kreteria keberhasilan telah tercapai. Hasil tersebut menunjukkan terjadi peningkatan terhadap pemahaman konsep IPS siswa kelas V di SDN 001 Salo. Guru diharapkan menggunakan strategi pembelajaran aktif Tipe ICM dibantu dengan media ICT untuk mengatasi permasalahan rendahnya pemahaman konsep IPS di kelas.

Published
2019-01-31