PENGARUH PENDEKATAN PMRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SD

  • Diana Ermawati Universitas Muria Kudus
  • Lovika Ardana Riswari Universitas Muria Kudus
Keywords: Pendekatan PMRI, Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SD. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperimental dengan pendekatan pretest-posttest control group design dengan populasi sebanyak 75 siswa (tiga kelas) di SD Plus Latansa dengan tingkat kemampuan setara dan diambil dua kelas sebagai sampel dengan jumlah 50 siswa. Kelas VB sebagai kelompok eksperimen, sedangkan VC sebagai kelompok kontrol. Variabel bebas pada penelitian ini pengaruh pendekatan PMRI, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SD. Data kemampuan pemecahan masalah diperoleh melalui tes uraian. Nilai rata-rata pretest  sebesar 54,08 menjadi 77,52 setelah dilakukan posttest dengan menggunakan pendekatan PMRI. Data dianalisis dengan uji-t. Hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung  sebesar 6,167 dan ttabel sebesar 1,677 dengan taraf signifikansi 5%. Maka dapat diartikan bahwa thitung > ttabel, maka H0 ditolak. Data tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan mengimplementasikan pendekatan PMRI dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis secara signifikan.

Published
2020-10-23