PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP LITERASI SAINS BERTEMAKAN LINGKUNGAN : STUDI LITERATUR

  • Lina Sugiyarti Universitas Negeri Jakarta
  • Agung Purwanto Universitas Negeri Jakarta
  • M. Syarif Sumantri Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Literasi sains, regulasi diri, kecakapan hidup, keseimbangan ekosistem, implementasi

Abstract

Kebutuhan SDM yang berkualitas dan berkarakter saat ini menjadi tuntutan utama era digital abad 21. Pendidikan sains, menjadi bagian dari pendidikan secara umum dan berperan penting menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dan berdaya saing global. Tantangan terbesarnya ada pada pendidik terutama guru dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang kontekstual dan mampu diimplementasikan dalam kehidupan. Strateginya dengan penerapan regulasi diri sebagai pengendalian diri bagi siswa untuk mencapai semua tujannya dan hubungan baik dengan orang lain. Literasi sains erat kaitannya dengan kecakapan hidup, sejalan dengan pandangan itu sains tidak hanya berfokus pada ilmu akademis tapi juga memperhatikan keseimbangan antara lingkungan dan alam. Dengan demikian, literasi sains bertemakan lingkungan hadir untuk menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam membentuk peserta didik yang aktif, berkarakter dan mampu memecahkan setiap permasalahan yang ada dengan memperhatikan keseimbangan ekosistem. Metode penelitian ini adalah metode studi literatur yang mengkaji buku dan jurnal. Kesimpulan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi sains bertemakan lingkungan perlu regulasi diri yang tepatĀ  dan strategi pembelajaran yang langsung diimplikasikan dalam kehidupan siswa serta penerapan langkah-langkah sains dalam pengambilan keputusan setiap permasalahan yang ada.

Published
2020-10-25