MODEL KOLABORASI SOSIAL PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH SWASTA KECAMATAN BISSAPPU KABUPATEN BANTAENG

  • Suardi Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Agustang Universitas Negeri Makassar
  • Jumadi Sahabuddin Universitas Negeri Makassar
Keywords: Model Kolaborasi Sosial, Pendidikan Karakter, Penguatan Pendidikan Karakter, sekolah swasta

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah buruknya perilaku mahasiswa, sehingga membutuhkan suatu model penguatan Pendidikan karakter yang lebih komprehensif. Tujuan penelitian menghasilkan model penguatan Pendidikan karakter di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran (mix-method) kombinasi metode kuantitatif dan metode kualitatif. Instrumen penelitian kualitatif menggunakan peneliti sendiri sebagai instrumen utama sedangkan instrumen kuantitatif menggunakan angket, yang sudah divalidasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan model kolaborasi sosial penguatan pendidikan karakter di Sekolah Swasta berbasis madrasah dilakukan dalam berbagai kegiatan pembelajaran seperti kegiatan kurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler dan nonkurikuler yang diintegrasikan dalam aktivitas proses pembelajaran di sekolah swasta berbasis madrasah dikaitkan dengan kearifan lokal masyarakat, nilai-nilai sosial kultural, lingkungan sosial siswa.

Published
2020-10-26