PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA TENAGA PENDIDIK DI SEKOLAH BAHASA LEMDIKLAT POLRI

  • Matin Universitas Negeri Jakarta
  • Neti Karnati Universitas Negeri Jakarta
  • Arny Lusty Epprankty Purba Universitas Negeri Jakarta
Keywords: kepemimpinan transformasional, motivasi, kinerja

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara kepemimpinan transformasional dan motivasi terhadap kinerja tenaga pendidik. Penelitian menggunakan metode penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif-kausal, dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Pendekatan ini dipilih untuk menganalisis pola hubungan antar variabel dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung seperangkat variabel bebas (eksogen) terhadap variabel terikat (endogen). Populasi dalam penelitian ini adalah tenaga pendidik Sekolah Bahasa Lemdiklat Polri dengan tehnik pengambilan simple random sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dari pengisian kuisioner yang dilakukan oleh responden. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kepemimpinan transformasional berpengaruh langsung positif terhadap kinerja. Peningkatan kepemimpinan transformasional mengakibatkan peningkatan kinerja tenaga pendidik di Sekolah Bahasa Polri. 2) Motivasi berpengaruh langsung positif terhadap kinerja tenaga pendidik, ketepatan dalam motivasi mengakibatkan peningkatan kinerja tenaga pendidik di Sekolah Bahasa Polri. 3) Kepemimpinan transformasional mengakibatkan ketepatan dalam motivasi tenaga pendidik di Sekolah Bahasa Polri

Published
2020-10-26