PEMENUHAN HAK DAN PERLINDUNGAN PESERTA DIDIK MELALUI SEKOLAH RAMAH ANAK DI SD KOTA METRO
Abstract
Tujuan penelitia ini adalah untuk mendeskripsikan pemenuhan hak dan perlindungan peserta didik melalui Sekolah Ramah Anak (SRA) di SD Kota Metro. Sekolah merupakan rumah kedua bagi peserta didik setelah rumahnya sendiri, sudah seharusnya jika menjadi tempat yang dirasakan nyaman, aman serta memberikan jaminan terhadap pemenuhan dan perlindungan hak mereka. Peserta didik di Sekolah Dasar memiliki hak untuk dapat hidup tumbuh, berkembang, berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaannya serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskrimininasi. Oleh karena itu diperlukan sinergitas instansi pemerintah, sekolah, orang tua, masyarakat, dunia usaha, maupun media massa untuk mndukung pelaksanaan Sekolah Ramah Anak di SD Kota Metro. Beberapa kegiatan yang telah dilakukan untuk mengembangkan Sekolah Ramah Anak di Kota Metro, antara lain deklarasi, kegiatan outdor classroom (belajar di ruang kelas) tujuannya membiasakan anak dengan proses belajar di alam. Adapun kegiatan outdor classroom, seperti literasi, tanggap darurat bencana, permainan tradisional dan lain-lain tujuannya untuk meningkatkan berbagai keterampilan dan kesadaran akan aktivitas bermain serta memastikan peserta didik menikmati masa kecilnya.