PEMBELAJRAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI KEGIATAN BERMAIN
Abstract
Matematika menjadi mata pelajaran penting dalam jenjang sekolah dasar, sebab matematika membantu dalam melatih memecahkan permasalah yang terjadi pada kehidupan sehari-hari. Namun sifat pembelajaran matematika yang hirarkis dan abstrak seringkali membuat anak kesulitan memahami materi lanjutan dalam matematika, sehingga banyak siswa sekolah dasar yang menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji bermain sebagai media yang dapat membantu siswa sekolah dasar mempelajari matematika di kelas. Bemain menjadi salah satu media yang dapat diterapkan dalam pembelajaran dan sesuai dengan karakteristik psikologi siswa sekolah dasar serta dekat dengan kehidupan anak. Bermain merupakan kegiatan belajar yang dekat dengan kehidupan anak, menyenangkan, dan tanpa pakasaan serta dapat menimbulkan emosi positif anak untuk berperan dalam kegiatan belajar matematika. Hal-hal tersebut yang akan menjadi pertimbangan guru untuk menciptakan kegitan belajar yang menyenangkan dan aktif bagi siswa dalam belajar matematika.