STIMULASI PENDIDIKAN KARAKTER DAN BERBUDAYA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PESERTA DIDIK DI TINGKAT SEKOLAH DASAR

  • M. Luthfi Oktarianto Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Muhammad Muchsin Afriyadi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Elinda Rizkasari Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Sekolah Dasar, Pendidikan Karakter, Budaya, Keterampilan, Peserta Didik

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk membahas metode stimulasi pendidikan karakter dan berbudaya dalam mengembangkan keterampilan peserta didik di tingkat sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Data berasal dari berbagai buku teori filsafat ilmu dan buku tentang keilmuan pendidikan dasar serta ilmu pengetahuan alam yang dihubungkan satu sama lain. Peneliti dalam kegiatan ini merupakan instrumen utama. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan keterampilan sosial peserta didik pada tingkat sekolah dasar dapat distimulasikan melalui berbagai kegiatan yang menumbuhkan rasa terbiasa dalam pendidikan karakter dan berbudaya. Guru sebagai figur di sekolah dasar sebaiknya kegiatan stimulus ini dapat digunakan secara variatif khususnya pada kegiatan sebelum pulang sekolah. Kegiatan pada akhir pembelajaran dapat berupa pemberian contoh-contoh kegiatan keteladanan seperti pengecekan kerapian, tutur kata, atau perbuatan sopan santun. 

Published
2020-10-26