MODEL PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ENGKLEK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Nina Nurhasanah Universitas Negeri Jakarta
  • Iva Sarivah Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Media Permainan Tradisional Engklek, Pendidikan Karakter, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran sejenis permainan tradisional Engklek berbasis pendidikan karakter dengan nama Engklek Karakter (EKA) untuk pembelajaran PPKn pada siswa di kelas IV Sekolah Dasar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya suatu model pengembangan media pembelajaran PPKn mengenai Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia. Hal ini terkait dengan pendidikan karakter kini menjadi isu utama pendidikan, selain menjadi bagian dari proses pembentukan akhlak anak bangsa, pendidikan karakter ini pun diharapkan mampu menjadi pondasi utama dalam mensukseskan Indonesia Emas 2025. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan prosedur model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil analisis data yang didapat data validasi dari dari ahli media dengan skor 93,85%, hasil validasi dari ahli materi dengan skor 97,8 %, hasil validasi dari ahli bahasa dengan skor 86 %, serta guru kelas IV dengan skor 92% maka dikategorikan sangat baik. Dengan melihat hasil validasi yang didapat, maka dikatakan media permainan Engklek Karakter yang digunakan untuk media pembelajaran PPKn pada materi mengenai Keberagaman Suku dan Bangsa dianggap layak seacara ilmiah, dan selanjutnya akan diuji coba dan diseminasi hasil pengembangan produknya. Rekomendasi dari hasil penelitian ini menjadi sebuah alternative media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa kelas IV khususnya untuk mengenal dan mempelajari tentang Keberagaman Suku dan Budaya di Indonesia.

Published
2020-11-28