PENGARUH KESADARAN EKOLITERASI TERHADAP PEMAHAMAN GREEN BEHAVIOUR PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah kesadaran ekoliterasi terhadap pemahaman green behavior memiliki pengaruh yang signifikan sehingga dapat mewujudkan perliaku kesadaran, peduli dan cinta terhadap lingkungan sekitar Kegiatan ini sangat bermanfaat nantinya dalam kehidupan sehari-hari, dan sangat penting perannya dalam di kehidupan sehari-hari seperti bijaksana dalam menghargai sesama dan lingkungan, menghargai alam, menjaga kelestarian alam sekitar dan ikut membangun keamanan dan kenyamanan lingkungan sekitar. Pengaruh kesadaran ekoliterasi menunjukkan harga koefisien rhitung terhadap rtabel untuk taraf signifikan 0,05 atau 5% maka rhitung = 0.999 > rtabel =0,576, dan untuk taraf signifikan 0,01 atau 1% maka rhitung = 0,999 dan rtabel =0,708. Dengan demikian maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang mengartikan bahwa terdapat pengaruh yang siginifikan antara kesadaran ekoliterasi terhadap pemahaman green behaviour pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Maka dari itu, upaya peneliti dapat memberikan kesadaran ekoliterasi terhadap pemahaman green behavior pada peserta didik Kelas IV SD guna pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini juga penting dilakukan karena dapat dijadikan pedoman baru dalam membangun kesadaran ekoliterasi peserta didik Sekolah Dasar.