PERAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN IPS

  • Ajat Sudrajat Universitas Terbuka
  • Eneng Hernawati Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kementerian Agama RI
Keywords: Pendidikan karakter, IPS

Abstract

Problematika yang terjadi dinegara kita saat ini begitu sangat komplek dan heterogen salah satunya adalah tentang karakter. Karakter masyarakat kita sudah mulai pudar hal ini disebabkan karena arus globalisasi yang sangat cepat merambah negeri kita Indonesia. Sebagai salahsatu contoh kasus yang terjadi seperti: pudarnya rasa nasionalisme dikalangan pemuda-pemudi kita, ketergantungan pemuda-pemudi kita pada narkoba, adanya tawuran antar sekolah, hilangnya rasa patuh ke orangtua, hilangnya rasa hormat ke guru, dan masih banyak lagi kasus lainnya.  Data tersebut menggambarkan bahwa peranan guru disekolah harus menjadi ujung tombak dalam rangka penanaman nilai nilai karakter siswa. Mata pelajaran IPS harus menjadi jembatan yang baik dalam menyampaikan nilai-nilai karakter pada siswa kita baik pada jenjang SD, SMP atau SMA. Pembelajaran IPS tidak hanya mengajarkan aspek kognitif saja tetapi juga mengajarkan tentang sikap, nilai, etika, dan etika. Oleh karena itu guru IPS harus pandai membuat skenario pembelajaran dalam rangka mengimplementasikan pendidikan karakter pada siswa-nya. Nantinya mereka menjadi anak yang baik, jujur, bertanggung jawab, menghormati orangtua, menghormati hak orang lain, kerja keras, dapat mengambil keputusan dengan bijak, mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga pada akhirnya mereka dapat memberikan kontribusi yang positif kepada lingkungannya.

Published
2021-10-27