Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Problem Based Learning di Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis siswa melalui penerapan Problem Based Learning (PBL). Metode Penelitian ini Kualitatif Deskriptif, jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Susukan 04 Pagi yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, studi dokumen, tes uraian, dan angket. Hasil penelitian ini terdiri dari dua siklus: (1) siklus I dari penerapan model Problem Based Learning pada kemampuan berpikir kritis dengan rata-rata 50,51%; (2) siklus II tindak lanjut dari kelemahan dan kekurangan dalam siklus pertama, pada tahap ini hasil kemampuan berpikir kritis meningkat sebesar 82,17%%. Berdasarkan ulasan tersebut dapat disimpulkan penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.