Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Problem Based Learning di Sekolah Dasar

  • Sidik Sulaksana Guru SDN Susukan 04 Pagi
Keywords: Berpikir kritis, Problem Based Learning, IPA Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis siswa melalui penerapan Problem  Based  Learning (PBL). Metode Penelitian ini Kualitatif Deskriptif, jenis Penelitian  Tindakan  Kelas (PTK)  dengan menggunakan desain penelitian Model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Susukan 04 Pagi yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik  pengumpulan  data meliputi  observasi,  studi  dokumen,  tes  uraian, dan angket. Hasil penelitian ini terdiri dari dua siklus: (1) siklus I dari penerapan model Problem  Based Learning pada kemampuan  berpikir  kritis  dengan  rata-rata  50,51%; (2) siklus II tindak lanjut dari kelemahan dan kekurangan dalam siklus pertama, pada tahap ini  hasil kemampuan berpikir kritis meningkat sebesar 82,17%%. Berdasarkan ulasan tersebut dapat  disimpulkan  penerapan  model Problem  Based Learning dapat meningkatkan  kemampuan  berpikir  kritis siswa.

Published
2021-12-06