Cerita 5 Sahabat: Dongeng Bertema Pancasila

Authors

  • Sarah Adityara Univesitas Negeri Jakarta
  • M.C Wara Candrasari

DOI:

https://doi.org/10.21009/qualia.32.9

Keywords:

Pancasila, Picture Book, Fairy Tales, Children

Abstract

The development of the times and the ease with which information is obtained, makes Indonesian people easily accept new ideologies whose application is not in accordance with the values of Pancasila. Lack of understanding of the values of Pancasila results in children discriminating in making friends, being arbitrary and selfish so that there are still many cases of bullying in elementary school students in Indonesia. The need to cultivate Pancasila through media that is easy to understand and does not suppress such as Picture Book. The creation of this work of art uses research methodology research, namely Research-Ied Practice where practice is based on research. The artist conducts research in the field first by looking for literature sources on the internet and books on the topic of Pancasila, which are then applied in practice in the process of creating Fine Art works in the form of picture books.The process of making a picture book is done with digital media, namely Drawing Tablet Ipad with Procreate and Adobe Photoshop applications, with a chibi illustration style and printed on art paper into a picture book consisting of 5 series. There are 5 characters who become the main role in each series, telling the daily life of children in which the values of Pancasila are implied.

References

Adityara Sarah, Rizki Taufik Rakhman, (2019), “Karakteristik Generasi Z dalam Perkembangan Diri Anak Melalui Visual”, Prosiding Seminar Nasional Seni dan Desain: Reinvensi Budaya Visual Nusantara, Universitas Negeri Surabaya

Azzahra, Alfina Firda, Nina Nurhasanah, Gusti Yarmi, (2022), “Pengembangan Bahan Ajar Wordless Picture Book Digital Berbasis Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas III Sekolah Dasar”, Jurnal Sekolah, Vol. 7 No. 1, Universitas Negeri Jakarta.

Dwiputri, Fira Ayu, dan Dinie Anggraeni, (2021), “Penerapan Nilai Pancasila Dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia”, Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol 5 No. 1, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru.

Gesmi, Irwan dan Yun Hendri. (2018), Buku Ajar Pendidikan Pancasila. Uwais Inspirasi Indonesia, Sidoarjo

Halim, Dellya, dan Ashiong Parhehean Munthe, (2019), “Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini” Universitas Pelita Harapan

Hendra, Tomi. (2019), “Media Massa Dalam Komunikasi Pembangunan”, Jurnal At-Taghyir, Jurnal Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Desa, Vol. 1 No. 2, Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi.

Kartini,Dewi, dan Dinie Anggraeni Dewi. (2021), “Implementasi Pancasila Dalam Pendidikan Sekolah Dasar”, Jurnal EduPsyCouns, Jurnal Pendidikan Psikologi dan Konseling, Vol. 3 No. 1, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Kurniawaty, Julia Bea, (2022), “Penerapan Nilai Pancasila Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar”, Jurnal Kebhinekaan dan Wawasan Kebangsaan, Vol. 1 No. 2, Universitas Indraprasta PGRI.

Nufus, Dinina Diyanatin. (2013), “Pengembangan Buku Pengayaan Cerita Anak Berbahasa Jawa Berbasis Pendidikan Karakter Dalam Lingkungan Keluarga”, Skripsi, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Nurgiyantoro, Burhan, (2004), “Sastra Anak: Persoalan Genre”, Jurnal Humaniora, Vol. 16 No. 2, Universitas Negeri Yogyakarta

Purwani, Rina, (2020), “Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Karakter Untuk Pembelajaran Membaca Siswa SD Kelas IV”, Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, Vol. 8 No. 2, Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto.

Putri, Firnanda Pramitha. (2021), “Perancangan Buku Ilustrasi Pop Up Tentang Mengatur dan Mengelola Waktu Dengan Baik Untuk Anak Usia 9-11 Tahun”, Skripsi, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Surabaya.

Rahmi, Putri dan Hijriati. (2021), “Proses Belajar Anak Usia 0 Sampai 12 Tahun Berdasarkan Karakteristik Perkembangannnya”, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Risma, Devi, Yeni Solfiah, Defni Satria, (2020), “Pengembangan Media Edukasi Perlindungan Anak Untuk Mengurangi Kekerasan Pada Anak Usia Dini”, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 4 No. 1, Universitas Riau.

Saputra, Lukman Surya, Ida Rohayani, dan Salikun. (2017), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Sari, Lucia Dewi Kartika, dan Krisma Widi Wardani. (2021), “Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital Untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa di Sekolah Dasar” Jurnal Basicedu, Vol 5 No. 4,

Setiady, Gufront Vedian Rizky. (2019), “Perancangan Buku Ilustrasi Pedoman untuk Ilustrator Buku Cerita Anak”, Skripsi, Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Wardhani, Cut Kamaril et all. (2011), Pedoman Tugas Akhir Penciptaan Karya Seni Rupa, Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta, Jakarta.

Yulianingsih Wiwin, Suhanadji, Rivo Nugroho, Mustakim. (2020), “Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Obsesi, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.5 No.2, Universitas Muhammadiyah Gresik.

Zidni, Mochamad Ariyo Faridh. (2011), “Pendidikan Keaksaraan Usia Dini dengan Mendongeng”, Jurnal Akrab, Jurnal Aksara dan Budaya, Kemendikbud.

Published

2023-10-25

How to Cite

Adityara, S., & Candrasari , M. W. (2023). Cerita 5 Sahabat: Dongeng Bertema Pancasila. Qualia: Jurnal Ilmiah Edukasi Seni Rupa Dan Budaya Visual, 3(2), 137–144. https://doi.org/10.21009/qualia.32.9

Issue

Section

Articles

Categories